Mengunjungi tempat bersejarah seperti museum bisa menjadi salah satu referensi wisata yang seru dan menyenangkan. Museum merupakan tempat bersejarah yang dianggap kuno dan membosankan bagi sebagian orang, apalagi bagi anak-anak. Jika bukan tugas dari sekolah, mungkin mereka enggan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Tidak demikian dengan sahabat kecil kita dari TK Islam Al Syukro, Alhamdulillah dalam program kegiatan tahunan, MONAS menjadi salah satu destinasi utama untuk mengenalkan dan mengajarkan pada anak usia dini, betapa pentingnya tempat bersejarah tersebut.

Pada tanggal 13 Maret  ( khusus TK B ) dan 15 Maret 2018, TK Islam Al Syukro telah melakukan kunjungan wisata edukasi ke MONAS. Alhamdulillah anak-anak begitu antusias dan senang walaupun tanpa didampingi oleh orang tua dan dengan kondisi cuaca yang terik dan jarak yang cukup jauh Berbagai kegiatan yang berhasil kami lakukan di MONAS diantaranya :

  • Naik kereta keliling MONAS
  • Berkeliling di dalam Museum
  • Mendengarkan naskah Proklamasi di ruang kemerdekaan
  • Pengenalan cawan MONAS
  • Naik ke puncak MONAS

Walaupun sebagian besar anak- anak belum memahami arti pentingnya kunjungan ke MONAS, namun kami yakin hal tersebut dapat memberikan pengalaman berarti bagi anak didik kami. Tak hanya itu pula melalui wisata edukasi ke MONAS diharapkan anak-anak mendapatkan wawasan tentang peristiwa masa lampau, anak mampu belajar dari objek serta mampu berinteraksi dengan orang-orang yang mereka temui.

            Semoga melalui kunjungan ini, anak- anak mampu mengenal sejarah masa lampau, anak mampu menyampaikan informasi melalui bahasa mereka sendiri, serta mampu mengenang dan menjaga semangat perjuangan bangsa Indonesia.